Selasa, 02 Desember 2008

Kue Bahan Dasar Terbuat Dari Singkong

Description:
Karena beli 2 ubi ukuran cukup besar, yang satu dibuat bola-bola dan donat ubi, maka satunya lagi saya buat talam ubi. Berhubung sudah dikukus semuanya saya buat saja semua ubinya tidak tergantung berat sehingga bagian kuning dari talam ubinya lebih banyak dari seharusnya.

Tapi rasanya aduuuhhh enak sekali. Resep pertama dari Temmy

Ingredients:
300 gr ubi alias hui alias Süßkartoffel (saya pakai 1 ubi besar lebih banyak dari 300 gr)
125 air mendidih
100 gr tepung beras
50 gr kanji
150 gr gula pasir
¼ sdt vanilli bubuk
250 ml santan

Lapisan Atas (campur dan aduk rata):
300 ml santan
5 sdm tepung beras
¼ sdt garam

Directions:
1. Kukus ubi hingga lembek, angkat, kupas lalu haluskan.
2. Campur air mendidih dengan tepung beras sambil diaduk hingga licin.
3. Tambahkan ubi, tepung kanji, gula, vanilli dan santan. Aduk hingga tercampur rata dan licin, saring, sisihkan.
4. Panaskan kukusan, olesi mangkok dengan minyak.
5. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga 2/3 penuh, hingga semua cetakan terisi. Taruh cetakan di dalam kukusan hingga setengah matang.
6. Tuang 2 sdm santan ke atas adonan setengah matang. Kukus kembali adonan dengan api kecil.
7. Keluarkan kue dari mangkok, kalau saya saya masukkan ke dalam lemari es setelah tidak panas ... terus dimakan dingin-dingin, enaaakkk ...

Tidak ada komentar: